Sejarah Aston Villa Fc


Aston Villa Football Club' dibentuk tahun 1874 oleh anggota perkumpulan kriket 'Villa Cross Wesleyan Chapel' di Aston, kota Birmingham. Sebetulnya mereka membentuk klub ini pada awalnya hanyalah untuk mengisi waktu dengan olahraga lain di musim dingin. Maksud lainnya adalah agar tetap bugar di bulan-bulan musim dingin, tanpa sengaja mereka telah membentuk suatu klub yang bertahan hingga 100 tahun lebih dan memenangkan banyak gelar di kemudian hari.

Klub ini memenangkan piala Fa untuk pertama kali tahun 1887, dimana sepakbola kala itu mulai menjadi olahraga profesional. Namun direktur Aston Villa kala itu, William McGregor ingin klubnya berkompetisi dalam suatu liga seperti liga baseball Amerika, oleh karena itu ia menyurati ke-12 klub papan atas di Inggris kala itu untuk merencakan bersama suatu format liga.

Alasannya mengapa nama liga tersebut 'Football League' atau Liga Sepakbola saja bukan Liga Sepakbola Inggris adalah karena McGregor berencana untuk mengikut sertakan klub Skotlandia dan Wales. Aston Villa langsung menduduki posisi runner-up di pembukaan 'Football League' atau Liga Sepakbola tersebut. Dan terus sampai 1920 saja Aston Villa sudah 6 kali menjuarai Liga dan 6 kali pula menjuarai piala FA. Setelah tahun 1920 adalah periode suram Villa dimana mereka tidak pernah menjuarai satu gelar pun sampai tahun 1957 dimana mereka menjuarai lagi piala FA.

Warna kebangsaan klub ini di kausnya adalah Claret / merah keungu-unguan (merah maron) dipadukan dengan warna biru langit / biru muda. Kaus kaki berwarna Merah Maron dengan strip biru langit. Ini adalah warna yang terus dipertahankan dan sudah lekat menjadi warna kebanggaan Aston Villa. Klub Inggris lainnya yang mempunyai warna kebanggaan yang mirip adalah West Ham United dan Burnley.

Aston Villa adalah satu dari 4 klub Inggris yang pernah menjuarai Piala Champions Eropa. Mereka menjuarainya pada 26 Mei 1982 mengalahkan Bayern Muenchen, melalui gol ... Peter Withe. Peter Withe yang sama menjadi pelatih tim nasional Indonesia beberapa waktu silam. Dalam sejarah Villa, dia adalah merupakan salah satu pemain legendaris Villa.Situs Resmi Aston Villa

Pembaca yang baik pasti SELALU meninggalkan Komentar

{ 0 komentar... read them below or add one }